Resepi Kek Batik Tanpa Susu Pekat: Nikmati Tekstur Lembut dan Rasa Manis yang Sempurna - Discover

Resepi Kek Batik Tanpa Susu Pekat: Nikmati Tekstur Lembut dan Rasa Manis yang Sempurna

Kek batik, dengan motifnya yang cantik dan rasanya yang lezat, telah menjadi favorit banyak orang. Namun, bagi mereka yang tidak menyukai susu pekat, membuat kek batik tanpa susu pekat menjadi tantangan tersendiri. Tenang, Anda bisa membuat kek batik tanpa susu pekat dengan mudah menggunakan resep berikut. Resep ini menghasilkan kek batik yang lembut, manis, dan memiliki motif yang cantik, cocok untuk berbagai acara.

Membuat kek batik tanpa susu pekat tidaklah sulit. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan langkah-langkah yang sederhana, Anda dapat membuat kek batik yang lezat dan cantik. Selain itu, kek batik tanpa susu pekat ini juga lebih sehat karena tidak mengandung susu pekat yang tinggi lemak dan gula.

Pengenalan Resepi Kek Batik Tanpa Susu Pekat

Kek batik merupakan kek yang memiliki motif menyerupai batik, dengan berbagai lapisan warna yang menarik. Biasanya, kek batik dibuat dengan menggunakan susu pekat manis untuk memberikan rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Namun, dalam resep ini, susu pekat manis tidak digunakan.

Kek batik tanpa susu pekat memiliki rasa yang tidak kalah lezat dengan kek batik yang menggunakan susu pekat manis. Teksturnya lembut dan moist, dengan motif batik yang cantik. Kek ini sangat cocok untuk disajikan sebagai hidangan penutup atau sebagai teman minum teh.

Bahan-Bahan

Untuk membuat kek batik tanpa susu pekat, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • 250 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 100 gram mentega, cairkan
  • 3 butir telur
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 gelas air
  • Pewarna makanan berbagai warna

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah membuat kek batik tanpa susu pekat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius.
  2. Siapkan loyang persegi panjang berukuran 20×30 cm, olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu.
  3. Dalam wadah, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang.
  4. Tambahkan mentega cair dan vanili bubuk, kocok hingga rata.
  5. Dalam wadah terpisah, ayak tepung terigu, baking powder, baking soda, dan garam.
  6. Tambahkan campuran tepung terigu ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan.
  8. Teteskan pewarna makanan berbagai warna ke atas adonan, lalu aduk perlahan dengan sumpit hingga terbentuk motif batik.
  9. Panggang dalam oven selama 30-35 menit atau hingga matang.
  10. Angkat dan dinginkan sebelum dipotong-potong.

Bahan-bahan dan Alat-alat yang Diperlukan

Untuk membuat kek batik tanpa susu pekat, berikut adalah bahan-bahan dan alat-alat yang diperlukan:

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung gandum serbaguna
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram gula merah, sisir halus
  • 100 gram mentega, suhu ruang
  • 2 butir telur, suhu ruang
  • 1/2 sendok teh ekstrak vanili
  • 1/2 sendok teh bubuk kayu manis
  • 1/4 sendok teh bubuk pala
  • 1/4 sendok teh bubuk cengkeh
  • 1/4 sendok teh bubuk kapulaga
  • 100 ml santan kental
  • 100 ml air

Alat-alat:

  • Loyang ukiran batik berukuran 20×20 cm
  • Mixer
  • Spatula
  • Mangkuk
  • Ayakan
  • Sendok takar
  • Kertas roti

Langkah-langkah Membuat Kek Batik Tanpa Susu Pekat

Untuk membuat kek batik tanpa susu pekat, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut dengan tepat. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dengan hati-hati dan menggunakan bahan-bahan yang tepat untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Jangan khawatir jika Anda belum pernah membuat kue sebelumnya. Dengan mengikuti langkah-langkah ini dengan cermat, Anda akan dapat membuat kue batik yang lezat dan cantik tanpa menggunakan susu pekat.

Menyiapkan Adonan Kue

  1. Dalam mangkuk besar, campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Di mangkuk terpisah, kocok telur, minyak goreng, dan vanilla extract hingga tercampur rata.
  3. Tuangkan campuran telur ke dalam campuran tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Jangan terlalu lama mengaduk agar kue tidak menjadi keras.

Membuat Motif Batik

  1. Siapkan dua buah loyang bulat berukuran 20 cm. Olesi loyang dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu.
  2. Tuang 2/3 adonan kue ke dalam salah satu loyang. Sisakan 1/3 adonan untuk membuat motif batik.
  3. Campurkan 1 sendok makan tepung terigu dengan 1 sendok makan cokelat bubuk. Aduk hingga rata.
  4. Ambil sedikit adonan sisa, lalu campur dengan campuran tepung terigu dan cokelat bubuk. Aduk hingga rata.
  5. Tuang adonan motif batik ke atas adonan putih di dalam loyang. Gunakan tusuk gigi untuk membuat motif batik sesuai keinginan Anda.

Memanggang Kue

  1. Panaskan oven hingga suhu 180 derajat Celsius.
  2. Panggang kue selama 25-30 menit atau hingga matang. Untuk memeriksa apakah kue sudah matang, tusuk kue dengan tusuk gigi. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti kue sudah matang.
  3. Keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin selama 10 menit sebelum dikeluarkan dari loyang.
  4. Setelah kue dingin, hias dengan gula halus atau topping lainnya sesuai selera Anda.

Variasi Resepi Kek Batik Tanpa Susu Pekat

resepi kek milo bahan kukus guna circuit basah senang gebu hanya gerenti jimat mothership

Kek batik tanpa susu pekat merupakan salah satu jenis kek yang populer dan banyak disukai. Namun, bagi mereka yang tidak menyukai susu pekat atau sedang menjalani diet rendah gula, mereka dapat membuat variasi resep kek batik tanpa susu pekat. Berikut ini adalah beberapa variasi resep kek batik tanpa susu pekat yang dapat dicoba:

Menggunakan Yogurt

Menggunakan yogurt sebagai pengganti susu pekat dapat memberikan rasa yang lebih asam dan segar pada kek batik. Selain itu, yogurt juga dapat membuat tekstur kek menjadi lebih lembut dan moist. Untuk membuat variasi ini, cukup ganti susu pekat dengan yogurt tawar dalam jumlah yang sama.

Menggunakan Santan

Santan merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membuat variasi resep kek batik tanpa susu pekat. Santan dapat memberikan rasa yang gurih dan aroma yang harum pada kek batik. Untuk membuat variasi ini, cukup ganti susu pekat dengan santan kental dalam jumlah yang sama.

Menggunakan Krim Keju

Krim keju dapat digunakan untuk membuat variasi resep kek batik tanpa susu pekat yang lebih kaya dan creamy. Krim keju dapat memberikan rasa yang sedikit asam dan tekstur yang lembut pada kek batik. Untuk membuat variasi ini, cukup ganti susu pekat dengan krim keju yang telah dilunakkan dalam jumlah yang sama.

Menggunakan Buah-buahan

Buah-buahan dapat digunakan untuk membuat variasi resep kek batik tanpa susu pekat yang lebih segar dan berwarna-warni. Buah-buahan yang dapat digunakan antara lain stroberi, blueberry, pisang, dan apel. Untuk membuat variasi ini, cukup tambahkan buah-buahan yang telah dipotong-potong ke dalam adonan kek batik.

Menggunakan Cokelat

Cokelat dapat digunakan untuk membuat variasi resep kek batik tanpa susu pekat yang lebih manis dan legit. Cokelat dapat memberikan rasa yang kaya dan aroma yang harum pada kek batik. Untuk membuat variasi ini, cukup tambahkan cokelat bubuk atau cokelat cincang ke dalam adonan kek batik.

Tips dan Trik Membuat Kek Batik Tanpa Susu Pekat yang Sempurna

resepi kek batik tanpa susu pekat

Untuk membuat kek batik tanpa susu pekat yang sempurna, ada beberapa tips dan trik yang perlu diperhatikan. Tips dan trik ini akan membantu Anda menghasilkan kek batik yang lembut, lezat, dan bermotif cantik.

Salah satu tips penting dalam membuat kek batik tanpa susu pekat adalah menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik. Pastikan tepung terigu yang digunakan adalah tepung terigu protein tinggi, gula pasir yang digunakan adalah gula pasir halus, dan telur yang digunakan adalah telur yang segar. Bahan-bahan yang berkualitas baik akan menghasilkan kek batik yang lebih lembut dan lezat.

Tips Mengaduk Bahan-bahan

Tips lainnya adalah mengaduk bahan-bahan dengan benar. Pastikan mentega dan gula pasir diaduk hingga mengembang dan berwarna pucat. Hal ini akan membantu menghasilkan kek batik yang lebih lembut dan bertekstur halus. Telur juga harus dikocok hingga mengembang dan kental sebelum dicampurkan ke dalam adonan.

Tips Menambahkan Pewarna

Saat menambahkan pewarna makanan, sebaiknya gunakan pewarna makanan yang berkualitas baik dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Tambahkan pewarna makanan sedikit demi sedikit hingga diperoleh warna yang diinginkan. Jangan menambahkan pewarna makanan terlalu banyak, karena dapat membuat kek batik menjadi pahit.

Tips Memanggang

Setelah adonan kek batik siap, panggang dalam oven dengan suhu yang tepat. Suhu oven yang terlalu tinggi dapat membuat kek batik menjadi gosong, sedangkan suhu oven yang terlalu rendah dapat membuat kek batik menjadi bantat. Pastikan untuk memanggang kek batik hingga matang sempurna, tetapi jangan sampai terlalu matang, karena dapat membuat kek batik menjadi kering.

Penyajian dan Penyimpanan Kek Batik Tanpa Susu Pekat

Setelah kek batik tanpa susu pekat matang dan dingin, Anda dapat menyajikannya dengan berbagai cara agar terlihat lebih menarik dan menggugah selera. Selain itu, penting juga untuk menyimpan kek dengan benar agar tetap segar dan nikmat dalam waktu yang lebih lama.

Cara Menyajikan Kek Batik Tanpa Susu Pekat

  • Hias kek dengan taburan gula bubuk, coklat bubuk, atau kacang cincang agar terlihat lebih cantik.
  • Potong kek menjadi beberapa bagian yang sama besar, lalu tata di atas piring saji.
  • Tambahkan es krim, whipped cream, atau saus cokelat di atas potongan kek agar lebih nikmat.
  • Sajikan kek batik tanpa susu pekat bersama dengan teh atau kopi hangat sebagai teman minum.

Tips Menyimpan Kek Batik Tanpa Susu Pekat

  • Simpan kek dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegaran dan kelembutannya.
  • Letakkan kek di tempat yang sejuk dan kering, seperti lemari es atau kulkas.
  • Jangan menyimpan kek di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di dekat sumber panas.
  • Kek batik tanpa susu pekat dapat disimpan selama 2-3 hari di lemari es atau hingga 1 minggu di dalam freezer.

Resepi kek batik tanpa susu pekat ini menawarkan alternatif yang lezat dan sehat bagi mereka yang tidak menyukai susu pekat. Dengan teksturnya yang lembut, rasa manis yang pas, dan motif yang cantik, kek batik ini pasti akan disukai oleh semua orang. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba resep kek batik tanpa susu pekat ini dan rasakan kelezatannya sendiri!

Answers to Common Questions

Apakah kek batik tanpa susu pekat sama lezatnya dengan kek batik biasa?

Ya, kek batik tanpa susu pekat sama lezatnya dengan kek batik biasa. Susu pekat dapat digantikan dengan bahan lain yang memberikan rasa dan tekstur yang mirip, seperti santan atau krim kental.

Apakah kek batik tanpa susu pekat lebih sehat daripada kek batik biasa?

Ya, kek batik tanpa susu pekat lebih sehat daripada kek batik biasa karena tidak mengandung susu pekat yang tinggi lemak dan gula. Susu pekat dapat digantikan dengan bahan lain yang lebih sehat, seperti santan atau krim kental rendah lemak.

Bagaimana cara menyimpan kek batik tanpa susu pekat?

Kek batik tanpa susu pekat dapat disimpan dalam wadah kedap udara di lemari es hingga 3 hari. Anda juga dapat membekukan kek batik tanpa susu pekat hingga 2 bulan.

Leave a Comment